Makanan Terbaik bagi Kesehatan Mata II

Diposkan oleh Unknown


(foto: health.com)

Biaya operasi lasik tentu tidaklah murah. Dan hal ini tidak perlu dilakukan bila mata kita sudah tergolong sehat. Maka tidak ada salahnya bukan jika kita sejak dini mencegah adanya kerusakan pada mata kita. Mata adalah salah satu bagian tubuh paling penting, maka sudah seharusnya kita menjaga anugerah Tuhan ini sebaik-baiknya. Caranya, konsumsi jenis-jenis makanan yang baik untuk mata, seperti:

1. Tomat
Tomat adalah sumber karotenoid yang sangat baik, termasuk likopen, yakni senyawa antioksidan yang memberikan warna merah pada tomat yang sempurna. Penelitian menemukan bahwa likopen dapat membantu melindungi retina dan bagian mata lainnya dari kerusakan minor.

2. Ubi Jalar
Sama seperti wortel, ubi jalar mengandung beta-karoten yang melimpah, vitamin C, vitamin A, serat, potasium, yang kesemuanya itu baik untuk kesehatan mata. Satu ubi jalar saja sudah menyediakan lebih dari 200% beta-karoten asupan harian yang disarankan, dan 40% kebutuhan vitamin C harian.

3. Sayuran Hijau
Bayam, sawi, lobak, maupun sayuran hijau lainnya mengandung dua antioksidan kaut yaitu zeaxanthin dan lutein yang disimpan di dalam makula. Makula sendiri adalah bagian kecil dari retina yang bertindak sebagai tabir surya yang alami, dan dapat melindungi mata dari sinar berbahaya. Selain itu, antioksidan dalam sayuran hijau juga menyerap cahaya biru yang sangat berbahaya bagi retina Anda.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment