Tak Hanya Manusia, Anjing Juga Bisa Kena Mata Katarak

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: gridserver.com

Seiring menuanya hewan peliharaan Anda, Anda bisa melihat dengan mata telanjang bahwa lensa mata anjing atau kucing juga bisa memutih. Itulah mata katarak, dan menjadi sesuatu yang umum yang akan dialami oleh anjing. Ada banyak bentuk dan penyebab pembentukan katarak pada anjing. Katarak juga mempengaruhi semua ras dan usia anjing. Beberapa jenis anjing yang lebih rentan mengembangkan katarak adalah cocker spaniel, poodle, Siberian husky, schnauzer, old English sheepdog, Samoyed, golden retriever, Labrador retriever, Maltese, Boston terrier and Yorkshire terrier.

Mata katarak pada anjing lebih sering ditemui dibandingkan kucing. Kebanyakan anjing yang telah mewarisi katarak sejak kecil, akan mengembangkan katarak tersebut pada usia berapa pun. Salah satu penyebab utama katarak pada anjing adalah diabetes. Sekitar 75 persen anjing yang mengalami diabetes akan mengembangkan katarak dalam waktu satu tahun setelah terdiagnosa memiliki diabetes. 

Penyebab lain munculnya katarak pada anjing adalah toksisitas dari obat-obatan seperti vaksin, heartworm preventives atau bahkan obat kutu. Terkadang, anjing yang kekurangan gizi juga bisa mengembangkan katarak. Jadi, jika Anda memiliki anjing jangan lupa turut memeriksakan matanya juga ke dokter hewan. 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment