Riwayat Kesehatan Keluarga dan Mata Katarak

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: huntereyecentre.com.au
Jumlah penderita buta akibat mata katarak di Indonesia tertinggi kedua di Asia Tenggara, yakni mencapai 1,5 persen atau dua juta jiwa. Setiap tahunnya, diperkirakan sekitar 240.000 orang terancam mengalami kebutaan. Sebuah katarak didefinisikan sebagai kekeruhan lensa mata dan dapat berkembang pada satu atau kedua mata. Jika bagian lensa menjadi buram maka cahaya tidak bisa melewati bagian belakang mata. Akibatnya, penglihatan penderitanya akan semakin buruk.

Semua tahu bahwa penuaan menjadi faktor risiko berkembangnya mata katarak. Tetapi salah satu faktor penting lainnya yang harus diperhatikan adalah riwayat keluarga. Jika Anda memiliki kerabat dekat yang mengalami katarak, maka peluang Anda terkena mata katarak akan lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga. 

Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang mengalami mata katarak, berusia di atas 50 tahun, mengalami penglihatan kabur pada saat melihat atau membaca, penglihatan ganda hingga pandangan berkurang pada malam hari, maka Anda jangan ragu untuk menghubungi dokter. Pengecekan sedini mungkin akan membantu menghindari pengobatan katarak yang cukup mahal. 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment