Ups, Nasi Putih Sebabkan Mata Katarak

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: blackdoctor.org

Sejumlah penelitian memfokuskan pada nutrisi yang dapat membantu melindungi serangan mata katarak. Penelitian juga terus digalakkan pada makanan tertentu yang dapat meningkatkan risiko mata katarak. Di antara beberapa makanan yang diteliti, makanan tinggi glikemik menjadi salah satu pemicu mata katarak.

Indeks glikemik (glycemic index/GI) merupakan ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, maka semakin cepat dampaknya terhadap kenaikan gula darah. Indeks glikemik di atas 70 termasuk tinggi, sementara 56 hingga 69 terhitung sedang, dan di bawah 55 tergolong rendah. 

Tingginya indeks glikemik menyebabkan glukosa bergerak dari ke arah mata, dan ilmuwan percaya bahwa paparan konsentrasi gula yang tinggi dalam lensa mata dapat mempercepat kerusakan dan penggumpalan protein. Kondisi ini berkontribusi terhadap pembentukan mata katarak. Nasi putih yang biasa dikonsumsi sehari-hari ternyata tergolong dalam makanan berglikemik tinggi. Beberapa makanan yang masuk ke dalam tersebut adalah gula, madu, minuman manis, permen, sereal manis dan segala sesuatu tang terbuat dari tepung putih, termasuk roti putih dan pasta.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment