Mata Katarak, Penyebab Kebutaan No. 1 di Dunia

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: emro.who.int

Mata katarak akibat penuaan menjadi penyebab kebutaan terbesar di dunia. Menurut hasil penelitian terbaru, katarak bertanggung jawab atas 51 persen kebutaan di dunia, di mana 20 juta orang di tahun 2010 harus rela kehilangan penglihatan. Meskipun mata katarak bisa diangkat dengan operasi, masih banyak penderita yang kesulitan mengakses pengobatan katarak. 

Kini, mata katarak juga menjadi penyebab masalah gangguan penglihatan yang banyak dialami baik negara maju maupun berkembang. Meskipun sebagian besar kasus katarak berkaitan dengan proses penuaan, beberapa kasus justru menunjukkan bahwa anak-anak juga dapat mengembangkan hal serupa. Masalah bawaan lahir hingga cedera mata, peradangan dan beberapa penyakit mata lainnya diduga menjadi pemicunya.

Pengobatan katarak hanya bisa dilakukan melalui bedah operasi. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan berhenti merokok dan menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu, jagalah kesehatan. Diabetes meliturs dan kegemukan dikaitkan sebagai faktor resiko tambahan pengembangan mata katarak. Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment