Cara Simpel Agar Mobil Awet

Diposkan oleh The Writer


Sumber: mirror.co.uk

Pada tahun 2002, Irv Gordon dan mobilnya, sebuah 1966 Volvo P1800, digelari rekor dunia Guinness untuk "catatan mileage terlama sebuah mobil bukan dari usaha komersial". Angka odometer-nya saat itu menunjukkan angka 2 juta mil. Bagaimana rahasia mobil bisa seawet itu? Ini nasehat dari Gordon. Semuanya simpel kok!

Teratur ganti oli dan filter-nya
Ini adalah cara paling efektif untuk mempertahankan kinerja bagus mesin yang (mungkin) semua orang tahu. Waktu kapan harus menggantinya cukup menyesuaikan dengan petunjuk dari pabrikan mobil kita. Gordon juga mengusulkan untuk melakukan pemeriksaan mingguan pada level oli, belts dan selang-selang mesin serta mencari tahu munculnya suara-suara aneh.

Jangan telat servis
Sebisa mungkin, jangan suka menunda-nunda waktu servis. Gordon menambahkan, selalu jadikan manual book mobil kita sebagai acuan.

Isi bahan bakar di SPBU yang ramai
Gordon menyarankan untuk mengisi bensin di SPBU yang ramai dan punya pelanggan tetap. Mengapa? Karena hal tersebut menunjukkan bahan bakar yang masuk dalam mobil kita bebas dari endapan dan kotoran minyak. Semakin lama minyak tersimpan dalam tangki bawah tanah SPBU, makin potensial minyak mengandung endapan/kotoran.

Hindari beli suku cadang KW atau palsu
Yang ori memang lebih mahal. Tapi yakinlah, para produsen otomotif merek mobil kita sudah menghabiskan banyak waktu penelitian untuk membuat suku cadang asli ini dengan sebuah tujuan: agar bisa bekerja lebih lama dan cocok dengan mobil. Hal yang sama juga berlaku soal pembelian produk perawatan mobil. Pakai yang asli lebih pasti.

Gunakan satu merk oli
Gordon merekomendasikan untuk konsisten dan jangan suka berganti-berganti merk oli. Ingatlah kalau oli mesin mempunyai grade yang berbeda-beda sehingga gunakanlah yang sudah disarankan oleh manual book mobil kita.

Akrabkan diri dengan mekanik bengkel
Berhubung kita perlu menyervis mobil secara reguler, tak ada salahnya yang satu ini dicoba. Setidaknya, kita bisa percaya pada siapa mobil kita 'diutak-atik' ke depannya. Mereka pun takkan segan memberikan saran-saran yang tepat bagi mobil kita.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment