Kapan Anak Bisa Melakukan Pengobatan Katarak?

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: chicago-eye.com

Ada banyak pendapat mengenai waktu tepat untuk pengobatan katarak pada bayi. Hal ini disebabkan adanya kekhawatiran tentang komplikasi seperti tekanan di mata yang tinggi sehingga memicu munculnya glaukoma sekunder. Tak hanya itu saja, penggunaan anestesi pada operasi katarak akan menyebabkan masalah efek samping lainnya yang tak diinginkan oleh sang bayi.

Tentu saja hal ini membuat banyak orangtua bimbang. Di sisi lain, operasi mata katarak perlu dilakukan sesegera mungkin untuk memastikan bahwa penglihatan anak dapat berkembang normal di usianya. Katarak kongenital ini harus dihapus karena dapat menghambat penglihatan anak. Namun, beberapa ahli bedah mengatakan bahwa waktu efektif untuk menghapus katarak kongenital adalah rentan usia 6 minggu hingga 3 bulan.

Masalah mata katarak tak berhenti di sini. Ada berbagai pendapat mengenai apakah anak harus menggunakan lensa buatan intraokuler atau cukup lensa kontak saja setelah operasi katarak dilakukan. Lensa intraokuler mungkin perlu diganti seiring anak tumbuh dan berkembang, bukan karena perbedaan ukuran mata tetapi karena penglihatan anak juga akan berubah. Dalam beberapa kasus, lensa kontak dipasangkan pasca operasi mata katarak untuk membantu memulihkan penglihatan anak. Beberapa juga diresepkan kacamara untuk membantu penglihatan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment