Beberapa Reli Sepeda Motor Paling Berbahaya (Bagian II)

Diposkan oleh The Writer


Sumber: dofb.com

Dalam dunia olahraga otomotif khususnya di kelas sepeda motor, ada beberapa ajang reli yang mempunyai predikat paling berbahaya dan melelahkan. Apa saja deretan reli tersebut?

Baja 1000
Pertama kali diadakan pada tahun 1967, Baja 1000 telah lama mempunyai reputasi sebagai salah satu balapan paling berbahaya dan mematikan di muka bumi, baik untuk kelas sepeda motor maupun kendaraan roda empat. Jalurnya yang berat, sepanjang 1000 mil, seakan 'membelah' Mexican Desert di daerah Baja, California. Aktor sekaligus pembalap gaek Paul Newman pernah mengikuti reli ini pada tahun 2004 saat berusia 80 tahun dan menjadikannya peserta tertua Baja 1000 sepanjang sejarah. Reli ini adalah satu-satunya ajang balap di dunia dimana pesertanya harus waspada pada jebakan (yang kadang, mencelakakan) buatan para penonton!

Pikes Peak
Disebut-sebut sebagai hill climb racing paling berat dan paling berbahaya di dunia saat ini. Meski jumlah korban jiwa yang tercatat minim, namun angka kecelakaan serta cedera di Pikes Peak amatlah tinggi. Jalur terjal naik turun tanpa pengaman di sisi-sisinya kerap menghadirkan tabrakan atau kecelakaan paling menakutkan dalam dunia motorsport.

Dakar Rally
Mau itu roda dua atau lebih, reli tahunan ini terkenal sebagai salah satu yang paling melelahkan serta berbahaya untuk diikuti. Tiap harinya, Dakar Rally mengharuskan para pesertanya untuk menempuh jarak 500 km, melewati jalur paling kejam yang ada di Afrika Selatan. Sejak pertama diadakan tahun 1978 hingga sekarang, sekitar 70 orang telah menjadi korban keganasan reli Dakar, 27 diantaranya adalah para pembalap yang berkompetisi.

Sebelumnya: Beberapa Reli Sepeda Motor Paling Berbahaya (Bagian I)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment