Mengenal Si Putih Penyebab Mata Katarak

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: gridserver.com

Apakah Anda tahu mengapa mata katarak berwarna putih? Lensa mata kita terbuat dari sebagian besar air dan protein. Protein tersebut membantu lensa bekerja dengan baik untuk melihat dengan jelas, dan memungkinkan cahaya melewati mata untuk diteruskan ke retina. Ketika protein yang rusak dalam lensa mata mengumpul dan  menghambat cahaya masuk ke mata, maka terjadilah sebuah kondisi yang disebut mata katarak. 

Dalam fungsi normal, protein harusnya tetap terlarut dalam sel lensa mata. Namun hingga kini belum diketahui alasan tepat mengapa protein bisa menggumpal di atas lensa. Banyak peneliti percaya hal itu termasuk proses penuaan. Tetapi sebagian peneliti percaya, berbagai faktor lain seperti paparan asap rokok dan manajemen gula darah buruk pada penderita diabetes akan memberikan kontribusi untuk masalah ini.

"Protein yang rusak akan tetap ada di mata untuk membentuk gumpalan," jelas Manuel Datiles dari National Eye Institute, Bethesda.

Seiring waktu mata katarak akan berkembang lebih besar dibandingkan lensa mata. Gumpalan protein tersebut mengurangi ketajaman gambar mencapai retina. Akibatnya, penderita mata katarak sulit melihat dengan baik. Ketika mata katarak masih kecil, kekeruhan hanya mempengaruhi sebagian kecil lensa, yang membuat Anda mungkin tidak menyadari perubahan penglihatan Anda. Mata katarak cenderung tumbuh lambat, sehingga penglihatan memburuk secara bertahap. 

Seiring waktu, daerah berawan di lensa akan tumbuh besar hingga lensa mata berubah warna menjadi kekuningan atau kecoklatan. Penderita pun mengeluhkan penglihatannya kabur dan sulit melihat dengan jelas. Bahkan, penderita yang tidak melakukan tindakan pengobatan katarak bisa mengalami kehilangan penglihatan permanen (buta). 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment