Rabun Jauh Bisa Picu Mata Katarak?

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: harvardsquareeyecare.com

Mata katarak merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan munculnya awan berkabut putih di lensa mata. Ada banyak faktor yang memicu penyebab munculnya mata katarak, seperti penuaan, paparan sinar matahari, merokok hingga penyakit tertentu. Kali ini, penelitian mengaitkan hubungan rabun jauh (miopia )dengan risiko penyembangan mata katarak. 

Penelitian di tahun 2011 menunjukkan bahwa mata katarak cenderung berkembang lebih cepat di mata penderita rabun jauh dibandingkan orang dengan mata normal. Penelitian yang mengamati pasien pengobatan katarak melalui operasi di Korea ini juga menunjukkan bahwa hasil penglihatan setelah operasi katarak tak terlalu baik pada penderita rabun jauh yang parah. 

Hasil penelitian di Australia juga menunjukkan kecenderungan yang sama. Sebelumnya, peneliti mengamati 3.600 orang dewasa berusia 49-97 tahun, dan menemukan kemungkinan risiko mata katarak meningkat secara signifikan para orang yang juga mengalami rabun jauh. Bahkan, kemungkinan mengembangkan jenis katarak tertentu naik dua kali lipat pada penderita miopia.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment