Jangan Malu Diagnosis Mata Katarak Pada Anak

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: andreakropfod.com

Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan mata katarak pada anak sedini mungkin. Hal ini penting, sebab pemeriksaan mata dapat menurunkan risiko gangguan penglihatan jangka panjang yang merugikan. Jika Anda memiliki bayi atau anak, berikut waktu yang tepat untuk mengajak mereka menemui dokter mata.

Bayi baru lahir. Pemerintah Inggris dalam program Anak Sehat Inggris menyarankan orangtua untuk melakukan pemeriksaan mata bayi dalam kurun waktu 72 jam setelah kelahiran. Pemeriksaan rutin ini harus kembali dilakukan saat bayi berusia enam sampai delapan minggu.

Balita dan anak-anak. Katarak kongenital juga mengancam balita dan anak-anak yang sebelumnya terlahir dengan mata normal. Orangtua harus memastikan bahwa anaknya melakukan tes mata rutin demi mengetahui ada atau tidaknya masalah penglihatannya. Semua anak berusia di bawah 16 tahun berhak melakukan tes penglihatan setiap dua tahun sekali. 

Jika bayi atau anak-anak memiliki mata katarak, maka biasanya dokter mata akan merujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan penangan dan solusi pengobatan katarak yang tepat. Justru penanganan sedini mungkin dapat menyelamatkan mata anak.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment