Setelah Pengobatan Katarak, Kok Muncul Katarak Lagi?

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: prk-surgery.com

Jika Anda menjalani pengobatan katarak, mungkin Anda akan merasa bahagia karena merasa penglihatan akan kembali pulih dan normal. Tak sabar rasanya menikmati dunia yang lebih hidup dan berwarna-warni tanpa perlu repot menggunakan kacamata atau lensa kontak lagi. Namun, baru beberapa minggu menikmati hasil operasi katarak, kok penglihatan saya mendadak kembali buram dan tidak jelas?

Anda mungkin terkena katarak sekunder (posterior capsular opacity). Katarak sekunder tak ada hubungan dengan katarak asli yang sebelumnya telah dihapus melalui operasi katarak. Katarak sekunder umumnya terjadi akibat terbentuknya jaringan fibrosis pada sisa lensa alami setelah operasi katarak. Seiring waktu lensa sisa ini mungkin mengalami pertumbuhan-pertumbuhan sel-sel normal. 

Sekitar 30 persen pasien operasi mata katarak mengembangkan katarak sekunder. Untungnya, katarak sekunder sangat mudah diobati. Laser YAG bisa membuka sebagian kapsul untuk membuat lubang agar sinar dapat tembus kedalamnya. Perawatan ini tidak menimbulkan rasa sakit dan hanya membutuhkan waktu singkat. 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment