Mengenal Lensa Pengganti dalam Pengobatan Katarak

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: macularhope.org
Dalam pengobatan katarak dengan operasi, lensa alami yang sudah keruh akan diganti dengan lensa buatan intraokular.  Lensa intraokular merupakan lensa pembedahan yang dimasukkan ke dalam mata untuk menggantikan lensa alami. Dalam semua kasus, pasien akan mendapatkan lensa intraokular setelah prosedur.

Ada dua jenis lensa intrakular, yaitu monofokal dan multifokal. Menurut American Optometric Association, lensa monofokal merupakan lensa yang paling sering digunakan dalam prosedur operasi mata katarak. Pasien dengan lensa monofokal tetap memerlukan kacamata baca untuk melihat objek yang berjarak dekat. Sementara lensa multifokal bertindaj seperti lensa bifokal. Pasien yang menggunakan lensa multifokal mampu melihat dalam jarak dekat, jauh dan menengah. 

Lensa intraokular pertama kali dikembangkan pada awal abad ke-20 dan ditanamkan ke mata oleh Dr Harold Ridley pada tahun 1949 di London. Dalam kebanyakan kasus, para dokter mata dan ahli bedah katarak akan berkonsultasi untuk menentukan lensa intraokuler yang tepat bagi pasien. 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment