3 Alasan Harus Periksa Mata Rutin

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: healthproductsamerica.com

Pemeriksaan mata merupakan bagian penting dari perawatan kesehatan bagi semua orang. Meskipun seringkali dianggap sepele, pemeriksaan mata rutin sebenarnya sangatlah penting. Berikut ini ada tiga alasan penting mengapa seseorang harus melakukan pemeriksaan mata rutin.

1. Amblyopia (mata malas). Amblyopia merupakan pengurangan ketajaman visual yang diakibatkan perkembangan penglihatan abnormal selama masa bayi dan anak usia dini. Amblyopia umumnya terjadi karena mata tidak sejajar atau ketika salah satu mata memiliki 'resep' yang berbeda dari yang lain. Jika tidak diobati, amblyopia dapat menghambat perkembangan penglihatan pada mata, sehingga bisa berakibat pada gangguan penglihatan permanen.

2. Strabismus (mata juling). Strabismus merupakan sebuah kondisi di mana kedua mata tidak sejajar. Dokter mata akan memeriksa keselaran mata untuk memastikan bahwa mata bekerja dengan baik. Strabismus dapat menyebabkan amblyopia.

3. Penyakit mata. Banyak penyakit mata, seperti mata katarak, glaukoma dan diabetes retinopati, yang dapat muncul tanpa memiliki gejala di tahap awal. Dokter mata akan memeriksa kesehatan mata untuk mencari tahu tanda-tanda awal masalah tersebut. Dalam kebanyakan kasus katarak misalnya, deteksi dini dan pengobatan katarak dapat membantu mengurangi risiko kehilangan penglihatan permanen. 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment