Bersihkan Busi Mobil Tanpa ke Bengkel

Diposkan oleh Unknown


Bersihkan Busi Mobil Tanpa ke Bengkel
(foto: autobild.co.id)
Busi merupakan elemen penting pada pembakaran mesin bensin mobil Anda. Namun, dalam kurun waktu tertentu busi pastinya akan mengalmai penurunan performa akibat penumpukan kotoran yang menutupi ujung percikan apinya. Dampaknya, ini akan membuat mesin mobil menjadi tidak stabil, atau bahkan sulit di-starter. Untuk itu, kotoran pada busi harus dibersihkan.

Tetapi, apakah untuk membersihkan busi Anda harus pergi ke bengkel? Tidak perlu. Karena Anda bisa melakukannya sendiri dengan cara berikut:

  1. Identifikasi kondisi busi. Bila busi sudah rusak, maka penggantian dengan busi yang baru harus disegerakan. Namun, bila busi hanya kotor maka Anda bisa lakukan pembersihan sendiri.
  2. Masukkan atau rendam busi mobil pada suatu wadah berisi bensin selama 5-10 menit. Hal ini dilakukan agar kotoran menjadi lebih mudah dikeluarkan.
  3. Gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat kotoran yang menempel bagian-bagian busi.
  4. Jika bagian elektroda masih kotor, ampelas bagian ujung elektroda dan gunakan batang korek kayu untuk mencungkil kotoran yang mengendap. Lalu jika memungkinkan tiup busi dengan kompresor (tekanan udara tinggi) agar kotoran lenyap dan busi mengering.
  5. Setel kembali jarak elktroda negatif dan elektroda tengah demi mendapatkan percikan optimal. Pastikan jarak elektroda tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat (sekitar 0.6 mm - 0.8 mm).
  6. Pasang kembali busi, menggunakan tangan langsung, agar terasa benar-benar masuk, baru setelahnya gunakan kunci busi untuk menguatkan pemasangan.






(sumber: mobilku.org)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment