Mobil Tidak Bisa Distarter?

Diposkan oleh Unknown


Mobil Tidak Bisa Distarter?
(foto: hardshiplicenselawyer.com)
Anda dikejutkan dengan mesin mobil Anda yang tidak bisa distarter alias macet. Umumnya hal tersebut terjadi karena gerakan piston naik turun tertahan yang kemungkinan disebabkan oleh:

  1. Ring piston atau pen seker macet. Disebabkan oleh oli yang tidak melumasi ring piston, atau bisa juga karena saluran oli yang tersumbat dan tekanan oli mesin yang kurang.
  2. Dinding silinder kasar. Akibatnya piston tidak bisa bergerak lancar naik turun. Kondisi ini seringkali ditemui bila mobil menerjang arus banjir sehingga banyak air masuk terhisap ke dalam ruang pembakaran saat mesin dalam kondisi panas. Kerak pun terbentuk di dinding silinder hingga piston tidak bisa bergerak sebagaimana mestinya.
  3. Bentuk stang seker tidak proporsional alias bengkok. Disebabkan oleh macetnya pergerakan piston yang tidak bisa bergerak naik turun.

Oleh karenanya, untuk mencegah mobil turun mesin, maka sebisa mungkin hindarilah mobil Anda dari terjangan banjir. Jika memang terpaksa menerjang banjir, maka segera periksa filter udara mesin apakah basah oleh air atau tidak. Jika basah, sebaiknya jangan hidupkan mesin mobil. 







(berbagai sumber)


{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment