Mengenal Mata Katarak Lebih Dekat

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: webmd.com


Mata kita berfungsi seperti kamera. Sinar matahari yang masuk ke mata, akan melewati kornea, pupil dan kemudian ke lensa mata. Lensa mata 'membungkus' sinar tersebut untuk memfokuskan objek ke retina. Selanjutnya, objek akan melewati sel-sel retina, ke saraf optik dan akhirnya ke bagian belakang otak untuk memproses gambar.

Mata katarak terjadi ketika ada penumpukan atau gumpalan protein pada lensa mata, yang mengurangi ketajaman sebuah objek mencapai retina. Ketika katarak masih kecil, kekeruhan ini mempengaruhi sebagian lensa mata. Anda mungkin tidak sadar akan adanya perubahan penglihatan ini. Mata katarak berkembang secara bertahap, namun seiring waktu daerah berawan di mata akan menjadi lebih besar. Penglihatan Anda pun akan berubah menjadi buram atau kusam.

Ada beberapa jenis katarak yang harus Anda ketahui, diantaranya:
1. Katarak terkait usia. Seperti namanya, jenis katarak ini berkembang akibat penuaan.

2. Katarak kongenital. Bayi ataupun anak-anak bisa mengalami katarak karena infeksi, gangguan selama kehamilan, genetika dan sebagainya.

3. Katarak sekunder. Katarak ini berkembang akibat kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, pengonsumsian obat-obatan tertentu, paparan radiasi atau sinar ultraviolet.

4. Katarak traumatik. Katarak akibat luka atau cidera dibagian mata.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment