Siasati Motor Matic Agar Lebih Irit

Diposkan oleh Unknown


Siasati Motor Matic Agar Lebih Irit
(foto: pricearea.com)

Motor matic memang cenderung lebih boros ketimbang motor bebek. Hal tersebut dikarenakan jumlah gear pada motor matic yang memang lebih banyak dibanding motor bebek. 

Bila motor bebek memiliki persneling yang dapat mengatur laju RPM dan memungkinkannya untuk menghemat bahan bakar, maka motor matic tak memiliki persneling sehingga tidak mudah untuk menghemat bahan bakar melalui pergantian gear tersebut. Tetapi bukan berarti pemborosan bahan bakar motor matic tidak dapat diminimalisir. Berikut adalah beberapa tips singkatnya:

  • Rutin membersihkan karburator. Sebab karburator adalah elemen yang bertanggung jawab atas udara yang masuk pada ruang bakar, dan mengatur boros tidaknya motor matic Anda.
  • Kendarai motor Anda dengan kecepatan stabil juga dapat membantu penghematan bahan bakar. Bila sering memainkan gas, kebut dan rem, maka bahan bakar akan habis lebih cepat.
  • Pilih oli motor matic yang cocok dengan mesin motor Anda. Pergesekan mesin yang tinggi akibat oli yang tidak cocok akan membuat mesin cepat panas dan gas lebih berat, sehingga memicu keborosan bahan bakar.






(Referensi: otosia.com)


{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment