Perhatikan Oli Gir Skutik

Diposkan oleh Unknown


Perhatikan Oli Gir Skutik
(foto: welovehonda.com)
Salah satu hal yang kurang diperhatikan oleh para pengendara motor skutik adalah pelumas gir atau yang biasa disebut oli gardan. Padahal, perannya sangat krusial untuk perhalus kinerja gir transmisi dan gardan ketika menggerakkan roda belakang.

Rata-rata usia pemakaian oli gardan adalah 8.000 km, dan jika sudah melewati angka tersebut sebaiknya diganti. Bila tidak, maka suara kasar akan muncul di bagian belakang sepeda motor, sehingga menyebabkan gir gardan aus. 

Selain itu, banyak orang yang tidak menyadari bahwa setelah menerjang banjir, air kemungkinan besar masuk ke bagian gardan. Oleh karenanya, sebelum gir mengalami kerusakan sebaiknya cepat mengganti oli gir skutiknya. Karena bila mengganti gir gardan satu set saja bisa memakan biaya lebih dari Rp. 1 juta. 

Sedangkan untuk mengganti oli gardan, Anda cukup merogoh kocek hanya sebesar Rp 12.000-15.000 saja untuk takaran 120 ml. Atau untuk paket penggantian oli, pembersihan dan penggantian v-belt Anda juga hanya cukup mengeluarkan biaya Rp. 40.000-an saja. 






(kompas.com)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment