Dari Ban Menjadi Baterai Mobil

Diposkan oleh Unknown


Dari Ban Menjadi Baterai Mobil
(foto: bosmobil.com)
Tahukah Anda? Bahwa terdapat penelitian terbaru yang menemukan bahwa ban-ban bekas bisa disulap menjadi komponen baterai untuk mobil. Proses daur ulang inovatif tersebut ditemukan oleh para peneliti dari Departemen Energi AS di laboratorium nasional Oak Ridge.

Para peneliti tersebut berhasil mendapatkan kembali karbon hitam dari ban-ban yang sudah tak terpakai dan menggunakan karbon hitam itu sebagai anoda pada baterai ion lithium. Karbon hitam dari ban bekas ini bermanfaat untuk membuat baterai lithium menjadi lebih kuat, sehingga jarak tempuh suatu mobil listrik bisa lebih jauh.

Proses daur ulang ini cukup unik. Dengan menggunakan proses pirolisis, ban didaur ulang dikombinasikan dengan bahan organik agar menghilangkan kadar oksigen yang terdapat pada ban bekas, sehingga menghasilkan bahan material karbon hitam pyrolytic. 

Hebatnya, ketika diuji ternyata baterai lithium ion dengan karbon hitam dari ban bekas tersebut memiliki kapasitas lebih tinggi daripada baterai yang sama dengan anoda grafit biasa. Hal itu disebabkan karena kualitas struktur karbon hitam yang lebih baik, dibandingkan grafit yang umumnya terdapat pada baterai lithium ion saat ini.








(sumber: oto.detik.com)

{ 1 komentar... read them below or add one }

Unknown said...

wah ternyata begitu ya tentang baterai bekas disulap, keren ya gan wkwkwk

Post a Comment