Rantai Putus? Cegah dengan Ini

Diposkan oleh Unknown


Rantai Putus? Cegah dengan Ini
(foto: pinkbike.com)
Kesialan dapat terjadi kapan saja. Bahkan ketika Anda tengah terburu-buru mengejar waktu, bisa saja tiba-tiba rantai motor Anda putus di tengah jalan. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, kan? Untuk itu, Anda bisa mencegahnya dengan tips-tips berikut:

  1. Lumasi rantai motor secara rutin menggunakan pelumas khusus rantai atau chain lube, minimal sebulan sekali. Hal ini penting agar menjaga rantai tidak berkarat atau kering. Patut diingat, sebelum dilumasi ada baiknya Anda bersihkan rantai dari kotoran maupun air.
  2. Pastikan rantai tidak terlalu tegang dan tidak terlalu kendur. Jika rantai disetel kencang maka beban yang ditanggung akan berlebih. Sebaliknya, bila rantai dibiarkan terlalu kendur akan membuat rantai mudah terlepas dari mata gir. Tingkat kekenduran yang optimal adalah 2-3 cm.
  3. Periksa kondisi gir kecil yang biasanya penuh dengan kotoran menempel. Akibatnya putaran rantai menjadi terhambat.
  4. Ganti sproket depan, sproket belakang dan rantai jika telah dipakai selama 1.5 atau 2 tahun. Jangan biasakan potong rantai dengan alasan untuk menghemat pengeluaran. Kesemuanya ini akan sangat penting bagi kenyamanan dan keselamatan berkendara Anda.






(sumber: baf.co.id)



{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment