Bagaimana Merawat Pengereman Motor?

Diposkan oleh Unknown


Bagaimana Merawat Pengereman Motor?
(foto: motor.otomotifnet.com)
Rem adalah salah satu elemen piranti yang penting pada motor demi keselamatan. Anda bisa tenang dan aman mengendarai motor Anda dengan berbagai level kecepatan bila remnya bekerja optimal. Akan tetapi, bagaimana kalu rem motor tidak bekerja sebagaimana mestinya?

Agar sistem tromol atau rem cakram bisa bekerja optimal, maka biasakanlah melakukan perawatan secara rutin, minimal dalam kurun waktu dua bulan sekali. Untuk langkah awal, Anda bisa melepas kaliper dari cakram. Setelah itu lepas pula bracket rem, dan perhatikan apabila kondisi bracket kering, maka Anda langsung beri oli. 

Lalu, Anda bisa gunakan sikat kawat untuk membersihkan debu pada piston, sebelum Anda teteskan oli untuk membuat gerakan piston menjadi lancar. Disarankan Anda juga menekan pistonnya untuk memastikan apakah ini masih bekerja baik atau tidak. Bila saat menekan piston terasa keras, maka kemungkinan besar kaliper motor Anda bermasalah. Penting pula untuk mengecek kampas rem, yang mana harus secepatnya diganti bila kondisinya sudah mulai aus.

Terakhir, jangan lupa untuk memeriksa oli rem yang terdapat pada master rem. Tambahkan master rem dengan oli rem sesuai dengan kapasitas bila ternyata olinya kurang. Jangan pernah terlewatkan juga untuk mengecek kondisi selang-selang minyak, apakah terdapat kebocoran atau tidak. Selebihnya, tinggal Anda yang harus tetap waspada dan berhati-hati dalam mengendarai motor. Have a safety riding!







(sumber: sportku.com) 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment