Akibat Oli Mobil Tidak Pernah Diganti

Diposkan oleh Unknown


Akibat Oli Mobil Tidak Pernah Diganti
(foto: aeroautomotive.com)

Oli menjadi salah satu hal esensial bagi mesin mobil, yang berfungsi mencegah kerusakan imbas terjadinya gesekan antar tiap komponen logam. Tanpa oli,gesekan antar komponen logam tersebut akan menimbulkan suhu panas sehingga mesin tidak dapat bekerja dengan baik. Lalu, apa akibatnya bila oli tidak pernah diganti? 
  • Pertama, kotoran akan menumpuk di dalam oli. Filter oli memang dapat menyaringnya, namun tidak dalam waktu yang terlalu lama. Bila melampaui batas untuk menyaring, maka filter tersebut akan tersumbat. Oli kotor yang dihasilkan akan memotong jalur menuju filter melalui relief valve. Kotoran dalam oli yang cukup kasar tersebut dapat menyebabkan keausan pada komponen bergesek.

  • Kedua, aditif dalam oli seperti dispersan, anti karat dan peredam gesekan akan melemah, yang mengakibatkan fungsi pelumasan pada oli tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mengganti oli mobil secara rutin sesuai dengan rekomendasi pada buku panduan mobil Anda. Dengan begitu, selain dapat memperpanjang umur mesin mobil Anda, ini juga dapat mempertahankan harga jualnya kembali.






(sumber: acc.co.id)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment