Waspada, Obat-obatan Ini Meningkatkan Risiko Mata Katarak

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: psmag.com

Mata katarak ditandai dengan munculnya awan keputihan di bagian lensa mata. Selama ini, banyak orang mengira bahwa katarak merupakan bagian proses penuaan. Sayangnya, ada banyak faktor risiko lain yang turut mempercepat pembentukan mata katarak. Seperti kebiasaan merokok, paparan sinar matahari, diabetes hingga pengonsumsian obat-obatan tertentu. 

Membahas mengenai obat-obatan, waspadai beberapa obat-obatan berikut yang berkontribusi pada pembentukan mata katarak, seperti yang dilansir dari Livestrong.

1. Obat steroid. Menurut University of Illinois Eye and Ear Infirmary, obat steroid meningkatkan risiko katarak subkapsular terutama jika diberikan dalam bentuk obat tetes mata untuk mengobati peradangan pada mata. 

2. Obat Antipsikotik. Jenis antipsikotik yang lebih tua seperti Mellaril, Stelazine, dan chlorpromazine (Thorazine) dikaitkan dengan pembentukan katarak. 

3. Obat lainnya. University of Maryland Medical Center mengungapkan bahwa sejumlah obat, seperti allopurinol, amiodarone, tricyclic antidepressants, potassium-sparing diuretics, thyroid hormone, tamoxifen and tetracyclines, dikaitkan dengan pembentukan katarak.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment