Pengobatan Katarak Tanpa Sayatan Pisau

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: ohioeye.com


Kini, pengobatan katarak menggunakan teknologi laser menjadi jalan keluar bagi penderita mata katarak. Alat dengan teknologi terkini menggantikan lensa mata tanpa sayatan pisau. Sayatan kecil menggunakan sinar laser mampu menghancurkan katarak di mata dengan lebih aman dan nyaman. 

Dengan teknologi laser untuk operasi mata katarak, dokter bedah mampu merencanakan bedah yang tepat menggunakan gambar 3D canggih yang disebut OCT (optical coherence tomography). Tujuannya adalah untuk menciptakan sayatan dengan lokasi, kedalaman dan panjang tertentu. Kecanggihan ini memungkinkan pengobatan katarak dapat dilakukan tanpa alat harus menyentuh mata. 

Data World Health Organization (WHO) menunjukkan ada sekitar 20 juta penduduk dunia mengalami kebutaan akibat katarak, di mana sebanyak 3,7 juta penduduk Indonesia mengalami kebutaan. Oleh karena itu, pengobatan katarak menggunakan laser bisa menjadi pilihan. Teknologi laser mampu membuat sayatan melingkar dengan tepat di sekitar katarak, mampu menempatkan lensa buatan dengan akurat, dan memperbaiki penglihatan dengan lebih baik. 

"Tampaknya menggunakan laser memberikan banyak manfaat. Jika Anda menggunakan teknik ini, risiko kerusakan mata juga dapat ditekan," ungkap juru bicara American Academy of Ophthalmology (AAO), James Salz, MD.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment