Obat Penurun Kolesterol Kembangkan Mata Katarak

Diposkan oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: prevention.com

Meminum statin untuk menurunkan kolesterol, serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke ternyata meningkatkan risiko mengembangkan mata katarak. Dalam laporan penelitian di Kanada , seperti yang dikutip dari WebMD, menyebutkan bahwa mengonsumsi statin setiap hari meningkatkan kemungkinan mengembangkan masalah penglihatan sebesar 27 persen. Meskipun begitu, Dr. GB John Mancini tak mempermasalah hal tersebut mengingat manfaat statin lebih banyak dibandingkan kerugiannya.

Sebelum kesimpulan ini diambil, peneliti meneliti 6972 orang yang terbagi menjadi partisipan yang menggunakan statin dan non-statin. Selama setidaknya 90 hari para partisipan mengonsumsi obat statin tersebut. Hasilnya, secara keseluruhan menunjukkan bahwa sepertiga dari pengguna statin dan non-statin mengembangkan mata katarak. Hanya saja, risiko katarak lebih tinggi di kalangan pengguna statin dibandingkan mereka yang tidak.

Sayangnya, penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Ophthalmology tidak dijelaskan mengapa statin bisa mempengaruhi pembentukan mata katarak. Meskipun begitu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini penting mengingat pengobatan katarak cukup mahal.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment