Anak Alergi Susu

Diposkan oleh Redaksi


Susu Alergi Pada Anak | Alergi Susu Sapi Pada Bayi
www.belanjaalkes.com


Alergi susu sapi merupakan alergi yang kerap dialami oleh bayi maupun anak-anak. Pasalnya susu sapi merupakan asupan pertama bayi diluar ASI. Adanya kandungan protein dalam susu sapi kerap dianggap oleh sistem imun bayi sebagai zat yang berbahaya, sehingga sistem imun pun mengeluarkan reaksi berlebih. 

Meskipun waktu muncul reaksi alergi berbeda pada setiap anak, pada umumnya reaksi alergi susu sapi muncul secara lambat, setidaknya tiga hari setelah mengonsumsi susu sapi. Biasanya rentan waktu yang dibutuhkan hingga munculnya reaksi alergi ialah 2 jam - 3 hari setelah konsumsi susu sapi. 

Selayaknya alergi lainnya, alergi susu sapi juga memiliki gejala yang dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok, yaitu munculnya gangguan pencernaan, gangguan kulit, dan gangguan pernafasan. Dari berbagai gejala yang timbul, nyatanya terdapat beberapa reaksi yang bisa hilang dengan sendirinya, mulai dari gatal-gatal, muntah, dan juga bunyi nafas mengi. 

Meskipun begitu, alergi susu sapi pada bayi biasanya akan hilang dengan sendirinya. Hal itu karena, sistem imun akan berkembang semakin baik. Biasanya alergi susu akan hilang saat anak telah menginjak usia 3 tahun ke atas. 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment