Hal ini Tingkatkan Kualitas Sistem Imun

Diposkan oleh Redaksi


Alergi Pada Anak | Penyakit Alergi Pada Anak
http://dafhy.net/


Seperti yang Anda ketahui, alergi timbul saat sistem imun dalam tubuh mendeteksi zat yang dianggap berbahaya, sehingga tubuh mengeluarkan reaksi yang berlebihan. Karena itulah, besar kaitannya kondisi sistem imun dengan alergi. Saat sistem imun dalam kondisi yang prima, virus serta bakteripun akan sulit untuk menyerang tubuh. Begitupun dengan alergi. Nah, apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas sistem imun? Yuk simak penjelasannya! 

1. Diet Sehat
Diet nyatanya bukanlah untuk menurunkan berat badan lho, melainkan untuk menjaga asupan makanan dalam tubuh. Nutrisi yang baik ialah kunci sistem imun yang sehat. Karena itulah, anak yang kerap menyantap makan secara sembarang dibanding anak yang memiliki tata aturan makan yang jelas tentu memiliki kondisi kesehatan yang berbeda. 

2. Tidur Cukup 
Anda harus memastikan bahwa anak Anda memiliki jam tidur yang cukup. Pasalnya, saat anak maupun orang dewasa kurang tidur, tubuh akan kehilangan T-cells, yang akan menyebabkan tubuh rentan akan virus dan bakteri. Memiliki waktu tidur malam yang cukup akan membuat kinerja sistem imun lebih ekeftif. 

3. Vitamin D
T-cells dalam tubuh memang memiliki fungsi yang amat penting, yaitu untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Kandungan dalam vitamin D lah yang mampu membentuk T-cells secara efektif, untuk itu sebaiknya Anda memberikan asupan vitamin D yang banyak untuk Si Kecil. 

4. Jaga Kondisi Pencernaan 
Faktanya, 75% sistem imun berakar dari sistem pencernaan. Apapun yang kita konsumsi akan berpengaruh pada kondisi sistem imun tubuh. Untuk itulah, saat anak mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, bakteri sehat dalam pencernaanpun dapat menyongkong sistem imun yang kuat, alergi pun dapat diminimalisir. 

5. Bebaskan Anak Beraktivitas 
Dengan alasan takut alergi Si Kecil kambuh, banyak orang tua melarang anaknya untuk beraktivitas. Padahal hal tersebut bukanlah langkah yang tepat. Anda seharusnya justru membebaskan Si Kecil untuk beraktivitas. Anak butuh untuk bergerak dan bermain, yang nantinya akan bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunnya. A

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment