Mengapa Makanan Laut Sangat Sering Menyebabkan Alergi?

Diposkan oleh Redaksi

Alergi Pada Anak | Alergi Anak | Penyakit Alergi Pada Anak
Alergi Pada Anak | Alergi Anak | Penyakit Alergi Pada Anak
www.cekalergi.com
Makanan laut memang memiliki rasa yang amat lezat untuk disantap. Hal ini pula yang membuat banyak orang tidak tahan tiap kali melihat ada makanan laut di depan mata mereka. Rasa yang gurih, lezat dan sangat enak membuat seafood menjadi salah satu bahan makanan favorit bagi banyak orang.
Seperti yang bisa dilihat bahwa makanan ini memiliki banyak penggemar namun ternyata makanan laut adalah salah satu alergen kuat. Alergen sendiri adalah istilah yang merujuk pada bahan-bahan penyebab alergi. Beberapa makanan laut yang tergologn alergen kuat antara lain ikan laut, udang dan kerang. Jenis-jenis makanan ini lebih baik dihindari agar tak menyebabkan alergi pada anak maupun pada orang dewasa.

Gejala Alergi Pada Anak Akibat Seafood

Gejala yang terjadi pada anak-anak setelah mengalami alergi seafood sebenarnya hampir sama dengan alergi-alergi lainnya. Gejala seperti masalah kulit, pernapasan dan pencernaan masih menjadi penanda utama bahwa Si Kecil mengalami masalah kesehatan. Alergi seafood ini terjadi karena tubuh salah dalam memberikan respons setelah ada bahan makanan laut yang masuk ke tubuh si kecil.
Gejala yang muncul pertama kali biasanya adalah masalah kulit, seperti munculnya ruam dan gatal-gatal pada kulit. Selain itu, alergi yang cukup berat juga bisa menyebabkan masalah yang lebih parah seperti sesak napas, pilek dan juga batuk. Jika Si Kecil mengalami sesak napas yang cukup parah ada baiknya untuk segera membawa si kecil ke dokter atau rumah sakit agar mendapatkan perawatan.
Selain itu masalah kesehatan di atas, alergi juga bisa menyebabkan beberapa penyakit alergi pada anak, seperti diare, muntah, mual dan masalah pencernaan lainnya. Jika sudah terlalu parah maka Bunda harus membawa si kecil ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Jika dibiarkan saja maka kesehatan si kecil akana terancam. Maka dari itu selalu perhatikan kondisi kesehatan si kecil ya, Bun.

Alergi Seafood pada Bayi, Mungkinkah?

Bayi memang hanya mengonsumsi ASI sebagai makanan utamanya, namun mungkinkah si kecil mengalami alergi akibat dari seafood? Jawabannya adalah mungkin. Alergi seafood pada bayi bukanlah hal yang tidak mungkin. Penyebab utama alergi seafood pada bayi adalah makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu. Jadi, bukan ASI yang menyebabkan alergi pada si kecil, namun seafood yang dikonsumsi oleh ibu.

Makanan seperti ikan laut, kerang dan juga udang yang dikonsumsi oleh ibu secara tak langsung akan memengaruhi kandungan yang terdapat di dalam ASI. Daya tahan tubuh bayi yang masih sangat renta menambah buruk kondisi ini. Oleh karena itu alergi seafood cukup sering ditemukan kasusnya pada bayi.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment