Deteksi Kondisi Mesin Lewat Warna Oli

Diposkan oleh Unknown


Deteksi Kondisi Mesin Lewat Warna Oli
(foto: georgetownexxon.com)

Kondisi mesin tidak bisa terlihat secara langsung seperti kondisi fisik mobil. Apalagi bila itu menyangkut hal spesifik pada kondisi mesinnya. Jika begitu, Anda bisa mengetahui kondisi mesin dengan melihat warna-warna oli yang muncul saat melakukan pergantian oli.

Untuk mengetes oli, umumnya Anda harus pergi ke bengkel. Sebab di bengkel terdapat alat bernama Silinder Leakage Tester (SLT) yang dapat menguji oli. Tetapi, jika Anda ingin lebih berhemat, Anda bisa mendeteksi keadaan mesin mobil Anda dengan melihat warna oli dari silinder kop.

Bila oli berwarna coklat kekuning-kuningan, tandanya mobil masih dalam keadaan normal dan belum ada kerusakan. Umumnya, mobil baru menempuh jarak sekitar 1000-2000 km. Kemudian, jika oli sudah berwarna hitam, terdapat dua kemungkinan. Pertama, mobil baru saja menempuh perjalanan jauh dan kedua, karena oli jarang diganti sehingga memunculkan kemungkinan adanya kerusakan pada mesin. Jika seperti ini, sebaiknya Anda lakukan pengecekan mobil ke bengkel.

Terakhir, bila oli berwarna putih, itu tandanya oli sudah bercampur dengan air. Kemungkinan besar, ada sesuatu yang tidak beres dengan mesin mobil Anda. Lakukan tindakan pencegahan secepatnya dengan memeriksakan mobil ke bengkel langganan Anda.







(sumber: otosia.com) 



{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment