Mau Mata Terus Sehat?

Diposkan oleh Redaksi


Kesehatan Mata
Foto 1: abcnews.com


Mata adalah jendela dunia, sayangnya hanya sedikit orang yang peduli untuk merawat baguan tubuh yang satu ini. Lindungi kesehatan mata Anda dengan lima tip berikut.

1. Banyak orang yang sadar bahwa paparan sinar UV dapat merusak kulit, sayangnya masih sedikit orang tahu jika radiasi sinar UV juga tidak baik untuk kesehatan mata. Terlalu sering terpapar sinar matahari dapat menyebabkan katarak dan macular degeneration. Pakailah topi dan kacamata hitam Anda ketika berada di luar ruangan untuk menangkis paparan UVA dan UVB. Jika Anda menggunakan lensa kontak, pilihlah lensa kontak anti UV.

2. Jangan jadi korban mitos. Wortel bukanlah satu-satunya makanan yang bagus untuk kesehatan mata. Sayuran hijau seperti bayam, kol,  salmon, tuna, jeruk dan sumber protein nabati lainnya juga bisa menjadi alternatif untuk menyehatkan indera penglihatan.

3. Mata juga butuh istirahat, apalagi bila Anda pekerja yang menggunakan komputer seharian. Para ahli mata menyarankan untuk melakukan rumus 20/20/20. Artinya, setiap 20 menit menatap layar komputer, palingkan mata selama 20 detik untuk menatap benda sejauh 20 meter.

4. Melepaskan lensa kontak sewaktu tidur merupakan cara bijak untuk menjaga kesehatan penglihatan. Pasalnya, menggunakan lensa kontak selama tidur berisiko 10 kali lebih mungkin mengalami infeksi mata.

5. Tanpa disadari, tidak merokok merupakan investasi kesehatan mata jangka panjang. Orang yang merokok cenderung mengembangkan katarak, macular degeneration dan kerusakan saraf optik.


Oleh: Innes

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment