Apakah Katarak Bisa Diobati?

Diposkan oleh Redaksi


Pengobatan Mata Katarak | Operasi Mata Katarak
sumber foto: glaucoma.org.il

Katarak adalah penyebab utama kebutaan di dunia. Katarak dapat terjadi pada semua usia, namun lebih sering dialami pada usia lanjut. Setiap orang juga berbeda-beda saat terkena katarak, bisa hanya satu mata atau keduanya.

Katarak adalah kekeruhan lensa alami di mata Anda. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan protein pada lensa yang membuatnya berkabut. Setelah katarak terbentuk, lensa menjadi semakin buram dan mengganggu cahaya yang masuk melalui retina Anda.

Ada beberapa jenis katarak yang umum dijumpai di masyarakat.

1. Katarak yang berkaitan dengan usia. Seperti namanya, jenis katarak ini berkembang sebagai akibat dari penuaan.

2. Katarak kongenital. Beberapa bayi terlahir dengan katarak sebagai akibat dari infeksi, cedera, atau katarak mungkin berkembang selama masa kanak-kanak.

3. Katarak sekunder. Jenis ini berkembang sebagai akibat dari kondisi medis seperti diabetes, pemakaian obat-obatan tertentu, sinar atau radiasi ultraviolet dan paparan zat-zat beracun.

4. Katarak traumatik. Katarak ini terbentuk karena adanya luka di mata.

Faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena katarak adalah asap rokok, polusi udara dan konsumsi alkohol.

Jadi, diskusikanlah dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang terbaik. Jika katarak sudah dalam taraf mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda membutuhkan operasi katarak. Operasi katarak yang mengangkat lensa yang berkabut dan menggantinya dengan lensa buatan yang baru menjadi pengobatan terbaik. (Berbagai sumber)


Oleh: Innes


{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment