Pertolongan Pertama Saat Anak Sakit Demam

Diposkan oleh Info Walgreat

Saat anak didera sakit demam disertai panas tinggi, terkadang ada beberapa orang tua yang panik dan bingung bagaimana cara mengobati demam tersebut.

Anak sakit panas dan demam
Foto: tinystepsmommy.com



Berikut ini beberapa cara atau tindakan Pertolongan Pertama Saat Anak Sakit Demam:
  • Cek Suhu Tubuh dengan Termometer
Langkah pertama, lakukanlah pengecekan suhu tubuh anak dengan menggunakan termometer. Suhu normal pada anak adalah 36-37 derajat celcius, apabila suhu tubuh lebih dari itu, maka anak dikategorikan sakit demam atau panas.
  • Minum Air Putih yang Banyak
Pada saat demam disertai panas tinggi, biasanya akan terjadi dehidrasi. Oleh karena itu, minumlah air putih yang banyak agar sang buah hati tidak terkena dehidrasi. Minum air putih yang banyak juga dapat mempercepat penyembuhan.
  • Gunakan Baju Longgar dengan Bahan Tipis dan Nyaman
Agar sirkulasi suhu dalam tubuh terjadi dengan baik, gunakanlah baju atau kaos dengan bahan tipis dan nyaman agar proses penyembuhan terjadi dengan baik.
  • Kompres
Kompres kening anak dengan menggunakan plester penurun panas, Plester penurun panas sangat praktis digunakan dan efektif sebagai pertolongan pertama saat anak didera sakit demam.
  • Beri Obat Penurun Panas
Beri obat penurun panas yang khusus untuk ana-anak. Jika sakit berlanjut segeralah berkonsultasi pada dokter.
  • Beri Pijatan
Saat anak sakit demam umumnya seluruh badan akan terasa sakit atau pegal. Berikanlah pijatan agar otot-otot bisa lebih rileks dan jika anak terkena masuk angin, pijatan juga dapat mengurangi sakit masuk angin.

Semoga tips atau Pertolongan Pertama Saat Anak Sakit Demam diatas dapat membantu mengobati saat buah hati kita didera sakit demam yang disertai panas tinggi.

Jika artikel ini bermanfaat, share ke sosial media ya...  Terima kasih.

{ 2 komentar... read them below or add one }

HobikuDuniaku said...

trims info nya bunda. aq ada tips nih saat anak sakit, baca disini yah http://goo.gl/1wd1KD

HobikuDuniaku said...

pijatan memang juga bisa jadi alternatif saat anak sakit, bahkan bukan hanya pijatan sedikit sentuhan saja juga bisa sembuhkan anak sakit bunda, cek yuk faktanya http://goo.gl/FdOA8j

Post a Comment