(foto: otomotifnet.com) |
Perilaku pengendara turut berperan terhadap panjang atau pendeknya umur kampas kopling. Kampas kopling sejatinya memiliki umur sekitar 35 ribu kilo atau tiga tahun, namun ini bisa berkurang bila pengendara sering berkendara setengah kopling.
Jika sering melakukan setengah kopling maka beban yang akan diterima kampas akan semakin besar, sehingga permukaan kampas kopling akan terkikis dan menyebabkan cepat aus. Mungkin saja sulit bagi pengendara motor matic untuk menghindari setengah kopling, contohnya saat tengah menyalip kendaraan lain. Namun, sebaiknya sebisa mungkin kurangi melakukan setengah kopling.
Bukan hanya berkendara setengah kopling yang menjadi faktor panjang atau pendeknya usia kampas kopling, melainkan perpindahan gigi persneling juga termasuk faktor tersebut. Usahakan saat menurunkan atau menaikkan gigi dilakukan secara halus, jangan terlalu kasar.
(sumber: okezone.com)
{ 0 komentar... read them below or add one }
Post a Comment